Monday, January 9, 2012

Kemajuan Internet dalam Hubungan Interpersonal part I


BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Dewasa ini banyak sekali orang yang memanfaatkan internet sebagai media komunikasi berhubungan jarak jauh. Penggunaan komunikasi jarak jauh melalui internet ini digunakan banyak orang awalnya melalui emailatau chatting. Namun, sekarang semenjak adanya situs-situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitterpenggunaan komunikasi jarak jauh dengan banyak orang menjadi lebih mudah. Adanya situs jejaring sosial ini digunakan orang-orang sebagai sarana mencari teman sebanyak-banyaknya mulai dari teman lama hingga teman-teman yang baru dikenal.

Situs jejaring sosial Facebook saat ini banyak sekali digunakan oleh anak kecil, remaja, sampai orang dewasa. Sudah hampir setiap hari orang mengakses kegiatan mereka melalui situs Facebook ini. Mereka memanfaatkan situs ini sebagai sarana yang mempermudah pertemanan. Namun, saat ini penggunaan Facebook bukan hanya digunakan untuk mencari teman saja, tetapi bisa juga mencari pasangan hidup.

Melalui Facebook dapat kita lihat fenomena mengenai perkenalan melalui Facebookyang kemudian berakhir ke jenjang pernikahan. Hal ini terjadi pada pasangan Primadita Delina Rifna dan Iwan Samsul Meiyanto. Pasangan ini mengawali percintaannya dari perkenalan pada jejaring sosial yang sedang populer, yaitu Facebook. Mereka berkenalan di Facebook, awalnya sama sekali tak mengenal satu sama lain dan bukan teman kerja maupun satu almamater. Pertemuan di Facebook berhasil membangun chemistry antara Dita dan Imam. Mereka menemukan kecocokan meskipun jarak yang memisahkan termasuk sangat jauh. Pada saat itu, Dita berada di Malang dan tercatat sebagai karyawan RSU Syaiful Anwar, sementara Imam adalah koki di salah satu hotel yang ada di Qatar, Timur Tengah.
Komunikasi intens antara Dita dan Imam hanya melalui chatting di Facebook. Ternyata mereka selama chatting banyak memiliki kecocokan, dan waktu itu proses kedekatan antara keduanya hanya berlangsung selama tiga bulan saja. Imam kemudian memberanikan diri untuk kopi darat, yaitu saat Imam kembali ke Malang karena ingin bertemu Dita secara langsung. Setelah adanya pertemuan secara langsung Dita dan Imam sepakat untuk segera menikah. Tanggal pernikahannya hanya ditentukan seminggu setelah pertemuan pertama mereka. Hal ini dikarenakan Imam mendapat panggilan untuk menjadi koki di Doha, Qatar. Keberangkatannya hanya kurang dari dua minggu. Tepat tanggal 20 Maret 2010 Imam harus berangkat ke negara di Timur Tengah tersebut. Karena merasa telah menemukan tambatan hati, Imam pun memberanikan diri untuk melamar Dita. Proses persiapannya hanya seminggu setelah mereka berdua bertemu. Akhirnya, pada tanggal 10 Maret 2010 mereka berdua menikah secara sederhana (malang-post.com diakses tanggal 4 Desember 2011)
Alasan saya mengambil topik mengenai fenomena ini adalah karena saya ingin mengetahui bagaimana cara orang yang berkenalan dengan orang lain melalui dunia maya bisa saling memiliki ketertarikan. Selain itu juga saya ingin mengetahui apa saja yang dapat mempengaruhi munculnya ketertarikan diantara keduanya walaupun belum pernah bertemu. Hal ini menimbulkan pertanyaan-pertanyaan dalam benak kita bahwa hubungan yang dijalin melalui dunia maya tersebut akan bertahan dibandingkan hubungan yang dijalin karena adanya kedekatan secara langsung.

No comments:

Post a Comment