Saturday, March 19, 2011

makalah ( pengaruh lingkungan dan bawaan terhadap IQ seorang anak) part 4





BAB IV

PENUTUP

 KESIMPULAN

Dari pembahasan yang telah dibahas sebelumnya maka penulis menarik kesimpulan bahwa  Semua yang berkembang dalam diri individu ditentukan oleh pembawaan dan juga lingkungannya Sebagai kesimpulan dapat dikatakan perkembangan manusia kurang lebih ditentukan oleh pembawaan yang turun temurun, serta aktifitas atau penentuan manusia sendiri yang dilakukan dengan bebas di bawah pengaruh faktor-faktor lingkungan tertentu sehingga berkembang menjadi sifat-sifat. Setiap manusia memiliki kecerdasan otak (Intelligence Quotient).
IQ berupa keahlian (skill) dan pengetahuan yang memiliki aspek-aspek diantaranya kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, dan lain sebagainya.

Bahwa setiap siswa sekolah dasar tidak sama kecerdasannya itu semua dikarena tingkat IQ yang berbeda-beda. Walaupun mereka memiliki dorongan yang kuat untuk berprestasi dan orang tuanya memberi kesempatan seluas-luasnya untuk meningkatkan prestasinya, tetapi kecerdasan mereka yang terbatas tidak memungkinkannya untuk mencapai keunggulan. 

to be continue to the next post (berlanjut ke postingan selanjutnya)

No comments:

Post a Comment