Saturday, March 19, 2011

contoh pidato tema dampak globalisasi terhadap bahasa indonesia





Assalamualaikum Wr. Wb
salam sejahtera
Yang terhormat Ibu dosen margaretha sumarwati, serta teman-teman yang saya banggakan.
Puji syukur tak lupa kita panjatkan kepada tuhan yang maha esa yang telah memberikan kesehatan sehingga kita dapat berkumpul dalam pertemuan ini.
Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato dengan
tema“Dampak Globalisasi pada Bahasa Indonesia” .
Di era globalisasi ini, banyak sekali perubahan hal-hal baru  yang begitu cepat, diantaranya ialah masuknya budaya dan ideologi dari bangsa lain yang berdampak terhadap bahasa nasional kita yaitu bahasa Indonesia. Banyak keuntungan dan juga kerugian dari dampak globalisasi terhadap bahasa Indonesia ini. Dari segi positifnya bahasa kita sudah mulai dikenal oleh dunia internasional, terbukti dengan adanya beberapa Universitas di luar negeri yang mempunyai fakultas Sastra Bahasa Indonesia.
Dan dampak negatifnya sendiri yang kita rasakan saat ini ialah sepertinya orang-orang Indonesia
sudah tidak mengidolakan bahasanya sendiri, mereka lebih bangga menggunakan bahasa negara orang lain. Ini adalah dampak yang negatif, suatu hal yang sangat kontras bukan? Di mana di Negara lain bahasa kita serius di pelajari oleh mereka, sedangkan kita sendiri sebagai warga Negara ini sudah acuh tak acuh terhadap bahasa Indonesia. Lalu, apa akibatnya jika ini terus berlangsung? Mungkin Tidak hanya budaya kita yang di ambil, tetapi juga bisa jadi bahasa kita di ambil Negara lain.


Menurut saya, salah satu penyelesaiannya ialah mengajarkan kepada geneasi muda dengan cara menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan etika dan budaya bangsa kita, sehingga para generasi muda kita akan meneladani itu semua. Jika para orang tuanya saja sudah tidak dapat meneladani hal ini? pada siapa lagi kita selaku generasi muda harus belajar penggunaan bahasa yang baik dan benar?tentunya hal ini akan sangat miris.
Jadi marilah selalu kita gunakan bahasa indonesia yang kita miliki ini dengan baik dan benar. Banggakanlah budaya dan bahasa kita agar kita menjadi warga Negara Indonesia yang seutuhnya.
Demikianlah pidato dari saya,jika ada kekurangan atau kesalahan mohon dimaafkan.
Terima kasih atas perhatianya.
Wassalamualaikum Wr. Wb

No comments:

Post a Comment